…..memanfaatkan potensi alam

Adalah suatu kebanggaan bila kita bisa membuat sendiri suatu barang yang akan kita pergunakan sendiri, walau bagaimanapun bentuknya. Apalagi dengan hasil yang bagus, tentu sangat memuaskan hati. Untuk itu pada post kali ini, kita akan mencoba menguraikan sedikit tentang proses dalam pembuatan mebel bambu.

Secara singkat proses pembuatan mebel bambu dapat kita uraikan sebagai berikut.

Pertama kali adalah menentukan model dan ukurannya. Bahan baku bambu kemudian dicuci hingga bersih kemudian dikeringkan, bila kondisi panas terik membutuhkan waktu 1 minggu untuk pengeringan. Setelah kering, bambu dipotong sesuai dengan ukuran dan model yang telah ditentukan.

Potongan-potongan bambu tersebut dirakit sebagai kerangka mebel dengan cara dipaku atau diikat. Agar terlihat indah, bagian sambungan tersebut dibalut dengan rotan. Setelah kerangka terbentuk, dibuat sandaran dan dudukan pada masing-masing kerangka yang sudah terbentuk.

Apabila model dudukan dan sandaran mempunyai motif, maka dilakukan pengukiran pada dudukan dan sandaran tersebut. Selanjutnya proses finishing, dimana mebel diamplas dan kemudian divernis.

Untuk post berikutnya kita akan mencoba menguraikan poin-poin diatas secara lebih mendetail.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: