…..memanfaatkan potensi alam

DENPASAR: Krisis ekonomi global yang masih dirasakan masyarakat dunia, tidak berpengaruh terhadap perdagangan luar negeri barang kerajinan berbahan baku bambu, terbukti mengalami peningkatan dalam perolehan devisa.

Perdagangan aneka ragam kerajinan bambu tetap laku bahkan perolehan devisanya naik hingga 49 persen awal 2010, kata Kepala Seksi Ekspor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bali, Putu Bagiada SE di Denpasar Kamis.

Realisasi ekspor dari Bali terutama yang dilakukan perajin dan pengusaha di pusat kerajinan bambu di Desa Bona, Kabupaten Gianyar, 30 Km timur Denpasar laku terjual seharga 4,7 juta dolar AS selama Januari-Mei 2010.

Perolehan devisa sebanyak itu atas pengapalan enam juta pcs, naik jika dibanding periode yang sama 2009 hanya 1,4 juta pcs bernilai 3,2 juta dolar, dengan tujuan utama ke Eropa, Australia dan Amerika Serikat.

Ia mengatakan, perajin cukup kreatif dalam mengembangkan rancang bangun (desain) yang diinginkan konsumen luar negeri seperti kursi dan meja tamu berbahan baku bambu yang dipadukan dengan anyaman dari rotan.

Di samping itu, pengusaha luar negeri ada diantaranya membawa rancangan langsung dari negaranya kemudian memesan barang, bentuknya disesuaikan gambar yang diminta dengan harga yang sudah disepakati sebelumnya, kata Bagiada.

Tempat tidur malas yang biasa dibuat menggunakan bahan kayu jati dan sejenisnya, kini bisa dibuat dengan bahan baku bambu, ternyata hasil karya perajin di Bali disenangi konsumen luar negeri.

Bambu tidak saja dijadikan barang furniture, juga bisa dianyam dibuat gedeg lembaran, supaya tahan terhadap rayap, pengrajin memolesi lembaran gedek dengan disinfektan, setelah dijemur, gedek siap dipasarkan dan diekspor.

Bungkil bambu yang selama ini dibuang karena menjadi barang tak berguna, bagi perajin di Bali bisa dijadikan barang aneka seni berupa patung bebek, asbak dan laku di pasaran ekspor.

Masyarakat Bali yang dinilai kreatif dalam menciptakan barang kerajinan mampu memikat konsumennya dan laku di pasaran ekspor, yang mendatangkan devisa cukup besar. (Media Indonesia)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: